Abimanyu, Dari Banjarnegara untuk Indonesia

Syahrian Abimanyu adalah putera dari Bapak Rasiman dan Ibu Nur. Pemain yang akrab disapa Abi ini memiliki bakat turunan sepak bola dari ayahnya (Rasiman) yang berprofesi sebagai asisten pelatih timnas U-19 tahun 2015, dan sekarang melatih salah satu klub di Malaysia. Abi lahir di Dusun Tlete, Desa Purwareja, Kecamatan Klampok, Kabupaten Banjarnegara, Jateng. Kini ia berdomisili di Spanyol.

Punggawa Mildfier jebolan timnas U-16 ini pernah menempa bakat sepakbolanya di SSB Mandiri Jaya Bogor, JFA (Jakarta Football Academy), Academy of Espana (Valencia). Latihannya tak sia-sia, Abi pernah masuk squad Timnas Junior, menjadi top skor U-13 2011/ 2013, berpartisipasi dikejuaraan AFF U-16 2013, AFC U-16 2014, Timnas U-19 2015, Timnas U-19 2016.

Abi dan kelima kawannya yaitu Dallen Ramadhan Doke, Hanif Faturrahman, Ridho Ramadhan, Samuel Christiansan, Muhammad Putra, menjadi sorotan saat menjalani laga lawatan di Inggris (29 Februari – 29 Maret 2012 tanpa campur tangan PSSI dan pemerintah) karena mampu mengalahkan 3 club akademi negara Ratu Elizabeth II. Mengalahkan akademi Leicester City dengan skor 3-1, Manchester City (2-1), dan Manchester United (2-1).  Abi dan kelima kawannya itu dinilai layak bergabung di akademi sepak bola City.

Sayangnya, enam siswa SSB Mandiri tersebut tidak bisa dengan mudah masuk ke akademi Manchester City. Sebab, mereka terkendala izin tinggal di Inggris. Sesuai dengan ketentuan, mereka harus tinggal selama dua tahun di luar Inggris lebih dulu sebelum nanti bersekolah di akademi.  Singkat cerita, Abi dan kelima kawannya lalu resmi bergabung dengan JFA. Lewat JFA mereka dikirim ke Valencia untuk mendapatkan pelatihan yang lebih baik lagi. Sebelumnya, Abi pernah mengikuti tes untuk masuk club Persija Jakarta (19-8-2015) saat persija diwabah asuhan coach RD (Rahmat Darmawan). Alhamdulillah, sekarang Abi berstatus pemain Royal European Football Academy (REFA) di Valencia, Spanyol.

Saat ini, Abi sudah berada di Vietnam dan siap membela Timnas Garuda U-19. Jadwal selanjutnya, ia akan berlaga saat Indonesia melawan Australia di Vietnam Youth Training Centre pada 16 September 2016, Indonesia vs Laos 18 September 2016 dan Indonesia vs Kamboja pada 20 September 2016 mendatang.

Apapun yang akan terjadi, doakan Timnas kebanggaan kita semoga terus melaju mulus mendapatkan hasil terbaik. Moga moga bisa juara yah… Aamiin Yarobbal Alaamiin.

About The Author

Reply

Datasiana Reportasiana Swarasiana Translasiana
Kebohongan-Kebohongan Orwell
Menilik Perjalanan Secangkir Kopi
Sekuler, Akar Istilah dan Perdebatan-perdebatan yang Menyertainya
Syarat Menikah itu Ada Pasangan, Mblo!
Cara Mudah Move On dari Mantan yang Sudah Kadung Dicintai ala Sigmund Freud
Yang Menyebalkan di Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Larangan Bersedih Bagi Jomblo di Republik Ngapak
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Dari Paradigma Reformasi ke Transformasi: Peta Kesadaran Freire
Dari Bung Kris, untuk Calon Sarjana
Pesan dari Para Sufi tentang Amal Ibadah dan Surga
Malam Jum’at dan Sunnah Rasul bagi Jomblo
Spirit Hijrah yang (bisa) Salah Arah
Fakta Lain Seputar Derajat Wanita pada Zaman Jahiliyah dan Adab pada Keluarga Rasulallah
Memo untuk Washington
Melihat Lebih Jernih Kehidupan Kelas Dua Kota Jakarta dengan Mata Jiwa
Inspirasi itu Mengalir dari Wadas Kelir
“ Mudik”, Merangkai Niat Baik dengan Semangat Kolaboratif