6 Bawaan Wajib Saat Naik Gunung

Bawaan Wajib Saat Naik Gunung – Sebentar lagi libur lebaran tiba. Dan sebagaimana libur lebaran pada umumnya, liburan kali ini pun tampaknya akan membosankan dengan kerumanan yang menyemut mengerubuti area pariwisata. Sehingga nampak begitu tipis beda berlibur dengan pergi ke pasar tumpah. Yang nampak cuma baju warna warni dengan segala variasinya.

Maka bagi kamu yang bosan dengan suasana libur lebaran yang seperti itu, khilafah naik gunung bisa menjadi solusinya. Naik gunung, dalam beberapa waktu terakhir, menjadi trend yang lagi digandrungi anak muda. Banyak muda-mudi yang semula takut ke kebun kini berani menerobos semak belukar. Tentu sembari mengamati spot selfie di sepanjang perjalanan.

Naik gunung memang menjadi alternatif piknik yang disukai banyak orang. Terutama bagi mereka penyuka tantangan. Tetapi sebagaimana tantangan, ia tidak bisa ditaklukan tanpa persiapan. Salah salah, naik gunung bukan bikin bahagia malah celaka.

So kamu butuh persiapan yang matang untuk melakukannya. Tak cuma jaket tebel dan sepatu, berikut ini barang-barang yang mesti kamu siapin sebelum naik gunung.

bawaan wajib saat naik gunung

bawaan-wajib-saat-naik-gunung

#1. Survival kit

Ini penting banget. Filosofi dasar naik gunung itu mencari kesenangan dengan bertahan hidup di gunung. Jadi survival kit ini meliputi barang barang yang akan membuatmu tetap bertahan hidup di tengah ganasnya gunung. Gunung memang menjanjikan hal yang indah-indah, tapi gunung juga menyimpan keganasan. Tanpa survival kit, kamu adalah orang yang mencari kesenangan dengan mencelakakan diri.

Perlengkapan seperti; Korek (kayu & gas), obat nyamuk, golok/pisau, cermin, alat jait, senter kecil, tenda, peluit, matras, alat memasak, tissue basah, adalah beberapa perlengkapan yang mesti dibawa.

#2. Logistik

Pernah denger orang ngomong “logika tanpa logistik tidak akan jalan”? Begitupun naik gunung. Tanpa perhitungan logistik yang matang bahkan nyawamu jadi taruhan. Persiapan logistik ini harus benar-benar tepat. Sebab jika terlalu banyak akan menguras tenagamu, dan jika terlalu sedikit, membahayakan nyawamu.

Kamu mesti kenali karakteristik gunung tujuan. Lalu memperkirakan berapa lama kamu bakal di gunung tersebut, agar logistik yang kamu bawa sesuai. Ini demi efisiensi perjalanan naik gunungmu gaes.

Adapun makanan yang wajib kamu bawa adalah air mineral, minuman penghangat (susu, jahe dsb), makanan berkarbohidrat, dan amat disaranin bawa madu juga. Buat stamina.

#3. Pakaian ganti

Ini persiapan yang sering disepelekan padahal penting loh. Baju ganti–tentu yang sesuai untuk iklim gunung–berguna banget kalo kamu kehujanan selama perjalanan. Jangan sampai kamu masuk angin di gunung. Sebab kamu bakal kesulitan menemukan tempat nyaman buat kerokan.

Lagipula meskipun kamu di gunung, menjaga kebersihan itu wajib. Setelah kamu mandi, atau paling tidak menyeka tubuh dengan tissue basah, mengganti pakaian akan membuat kamu lebih menikmati suasana liburan.
Jangan sampai pas turun gunung kamu udah korengan yak!

#4. Obat pribadi

Gunung itu susah ditebak, jadi mengantisipasi segala kemungkinan adalah cara paling bijaksana. Salah satunya ya bawa obat-obatan yang sekiranya perlu. Obat untuk luka, diare, dan infeksi adalah obat yang wajib ada di ransel kamu. Selain itu, buat kamu yang punya riwayat penyakit tertentu jangan lupa bawa obatnya ya. Di gunung ga ada apotek loh.

#5. Jas hujan

Kamu tentu ga mau kan, baju, kertas ucapan, dan berbagai perlengkapan lain yang udah kamu bawa basah kehujanan karena cuaca tak menentu di gunung? Jadi jas hujan ini penting banget. Selain itu, untuk jenis tertentu, bisa buat semacam bivak juga loh.

#6. Alat penerangan

Senter, lentera, atau semacamnya amat penting untuk menunjang aktivitas malammu kala naik gunung. Jangan lupa pula bawa batrai cadangan.

Itulah barang-barang yang mesti kamu siapin sebelum naik gunung. Jangan lupa berdo’a dan tetap jaga keasrian gunung ya.
itu dia bawaan wajib saat kamu naik gunung. ohya bagi yang punya, bawa gebetan juga boleh.

Leave a Comment

Datasiana Reportasiana Swarasiana Translasiana
kulon progo
Pembangunisme dan Mereka yang Terusir dari Tanahnya Sendiri
para pemain dan kru film mata jiwa
Melihat Lebih Jernih Kehidupan Kelas Dua Kota Jakarta dengan Mata Jiwa
karangan bunga fadli zon
Meniru Hidup Hemat dan Sederhana dari Fadli Zon
Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Yang Menyebalkan di Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Larangan Bersedih Bagi Jomblo di Republik Ngapak
Doa Pilihan untuk Jomblo
Lima Do’a Pilihan untuk Jomblo di Malam Takbiran
4 Gaya dalam Mencintai
4 gaya dalam mencintai yang Dilakukan Orang Modern ini
Lambang_PKI
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Kesadaran magis
Dari Paradigma Reformasi ke Transformasi: Peta Kesadaran Freire
Renungan Calon Sarjana
Dari Bung Kris, untuk Calon Sarjana
sufi dan surga
Pesan dari Para Sufi tentang Amal Ibadah dan Surga
Malam Jum'at Sunnah Rasul
Malam Jum’at dan Sunnah Rasul bagi Jomblo
hijrah
Spirit Hijrah yang (bisa) Salah Arah
wanita zaman jahiliyah
Fakta Lain Seputar Derajat Wanita pada Zaman Jahiliyah dan Adab pada Keluarga Rasulallah
para pemain dan kru film mata jiwa
Melihat Lebih Jernih Kehidupan Kelas Dua Kota Jakarta dengan Mata Jiwa
kegiatan temu pendidik
Inspirasi itu Mengalir dari Wadas Kelir
guru merdeka belajar
“ Mudik”, Merangkai Niat Baik dengan Semangat Kolaboratif
Pustaka Warga
Komunitas Literasi, Minat Baca, dan Kenapa Pustaka Warga