Nggak mau berakhlak sama Wenger? Arsenal bubar saja!

Saat memutuskan untuk menjadi penggemar Arsenal dua tahun lalu, saya sadar akan konsekuensi yang harus dihadapi. Saya harus menjadi pribadi yang lebih sabar, bersyukur, zuhud, hidup realistis, dan tentu rajin puasa. Bila tidak bisa seperti itu, sebaiknya anda menggemar klub lain saja. Hal tersebut ketambahan kala mengetahui ternyata mbah Wenger sudah bercokol selama 2 dekade. Tua.

Wenger datang setelah sukses berkarir di negeri Maria Ozawa. Sempat diragukan, tapi Wenger sukses mengangkat trofi dua musim berselang, 2003/2004. Bahkan rekor tak terkalahkan selama semusim sudah ia ciptakan. Tapi sialnya, setelah rekor itu Arsenal memilih untuk berpuasa gelar liga.


Menjatuhkan pilihan pada Arsenal, di antara klub mentereng Premier League yang begitu ambisius ingin juara tentu bukan pilihan mudah. Arsenal baru mampu menggaransi finish empat besar, masuk Liga champion untuk kemudian tumbang di enam belas besar. Saya kira hanya itu yang ditawarkan klub untuk fans, selebihnya hanyalah pelajaran moral dan akhlakul karimah.
Berikut adalah adalah moral dan akhlakul karimah, yang di ajarkan Syaikh Wenger secara tersurat maupun tersirat.


ZUHUD
Zuhud bisa diartikan sebagai sikap mental yang tak lagi mementing harta benda demi pengabdian pada Tuhan. Sebuah sikap  para sufi dan filsuf muslim, semisal Ibnu arabi atau Hamzah Fansuri. Dan Wenger tahu benar soal sikap zuhud ini dan sudah ia tanamkan sebagai filosofi klub sedari dulu.


Wenger menjauhi gemerlap Premier League dan perilaku hedon kontentestan liga. Di saat klub lain mengabistan jutaan euro di bursa transfer, Arsenal tetap belaja sesuai kebutuhan. Saat Chelsea musim lalu mendatangkan Pedro, Baba Rahman, dan pemain lain bernilai milyaran rupiah , Arsenal cukup mendatangkan Petr Cech, kiper bekas pakai , senilai 11 juta euro, kemudian Mohamed El – Nenny sebesar 3,5 juta euro dari FC Basel.  


Padahal Arsenal termasuk klub kaya, finansial bugar dan sehat. Dengan Harga tiket Arsenal paling tinggi serta Stadion dengan Kapasitan lebih 70 ribu kursi rasanya tidak mungkin tidak punya duit buat beli  Benzema, Higuain, atau Cavani. Sikap zuhud Wengerlah dibalik alaan mengapa Arsenal masih punya Olivier Jirut, sementara tetangganya, yang hedon, rajin gonta – ganti striker.
Wenger juga suka  bantu klub lain jadi Juara. Dia sangat senang kalau lihat klub lain juara,karena baginya kebahagiaan Chelsea adalah kebahagiaan Arsenal juga, Kebahagiaan City adalah kebahagiaan Wenger juga, Kebahagiaan MU adalah kebahagiaan Arsenal juga. Dan saat City juara liga, Wenger orang yang paling bahagia karena di antara pemain City ada Gael Clichy dan Samir Nasri. Mantan anak asuhnya.


Wenger juga sosok yang mudah iba. Dia sedih lihat MU gagal juara. Untuk mengurasi kesedihan fans emyu, dia kasih Robin van Versie untuk kemudian bikin emyu  kembali Juara untuk terakhir kalinya. Sebagai  ucapan terima kasih, emyu ngasih Danny Welbeck yang reguler dibekap cidera yang belum ngasih juara. Tapi apasih arti juara bagi seorang Wenger yang sangat Zuhud itu. Baginya tujuan sepakbola adalah eudamonia,kebahagiaan. Kalu lihat City, MU, Chelsea, dan Leacester juara saja sudah bikin bahagia, buat apa juara?
Benar – benar teladan blio ini.


Qona’ah
Qonaah berarti sikap mental yang menerima apapun yang diberikan oleh Allah kepada hambanya. Sikap ini  merupakan akhlakul – karimah yang biasa di ajarkan di madrasah atau sekolah Islam. Saya gak tau wenger lulusan madrasah mana hingga  punya sifat yang begitu mulia ini. Kalau gak percaya wenger itu qona’ah coba tengok aja sikap wenger.


Di saat klub lain rutin cuci gudang, Wenger tetap hidup dengan skuad apa adanya. Musim ini saja, Liverpool sudah sudah beli Sadio Mane dari Southampton Departemen Store, sebuah pusat perbelanjaan pemain di liga Premier. Rivalnya, Tottenham, sudah beli Victor Wanyama. Terakhir kali wenger shoping di situ Wenger adalah musim lalu saat beli Callumn Cambers. 
Apakah Arsenal lagi gak punya duit ?
Oh jangan salah, dalam dua musim terakhir Arsenal punya budget transfer besar, tapi berhubung Wenger ini begitu qona’ah maka dana di tahan.Dia nrimo apapun skuad yang diberi Tuhan kepadanya : Pemain yang mudah Cidera, Striker mandul, gelandang angin – anginan, dan pemain belakang yang mulai renta. 


Soal Trofi liga? Ketahuilah bagi Wenger menggenggap trofi FA sudah cukup, gak perlu ditambah lagi dengan trofi liga, itu berlebihan. Dan yang berlebihan itu adalah perbuatan syaithon.


Trus kalau kamu berharap klub beli Vardy atau Morata , ketahuilah harga mereka mahal dan beli barang mahal ini itu perbuatan hedon, dan hedon itu perbuatan orang kafir. Dan bila kamu meniru perbuatan orang kafir maka kamu adalah bagian dari mereka, ngerti? 
Jadi cukup dengan Takuma Asano saja, yang dibeli murah meriah dari Toko kelongtong Sanfrecce Hiroshima. 


Rajin Puasa
Kalau umat muslim cuma puasa sebulan, tapi Wenger sanggup puasa hingga 10 tahun lho.  Tepatnya semenjak musim 2003/2004, dan hingga sekarang Wenger tetap puasa. Puasa gelar.  Alim sekali Wenger iniyah
Coba bandingan sama Morinyo. Nih pelatih, sejak jati pelatih, jarang puasa ! . Sudah jarang puasa, nih orang sombong pula. Udah jarang puasa, sombong , kafir lagi. Pensiun jadi pelatih masuk neraka nih orang. 


Saya enggak tau, Wenger ini lulusan pesantren mana kok bisa tau kalau puasa punya banyak khasiat. Bikin sehat Jasmani dan rohani. Ajaran ini diterapkan dengan apik dalam diri Oliver Jirut dkk, hingga menginternalisasi sedemikian rupa. Terlihat dari sikap mereka yang lebih sabar kalau kalah, dan tidak senang berlebihan bila menang. Internal tim-pun relatif kondusif, gak ada yang berantem dan bermusuhan. Ini semua hikmah dari puasa.


Karena ajaran Wenger inilah, kita jangan heran kalau Arsenal kemarin kembali gagal Juara. Padahal sudah juara paruh musim, tapi taunya terseok – seok di penghujung Liga. Yah namanya juga lagi puasa, disuruh lari teruskan cape. Maklumin aja. 
Jadi saudara – saudara sebangsa tanah, sebangsa air mari kita menjadi fans yang kaffah, yang berbola dan berakhlak. Bersama Wenger, kita berakhlak karena akhlak lebih penting dari Wenger itu sendiri.

 

Leave a Comment

Datasiana Reportasiana Swarasiana Translasiana
karangan bunga fadli zon
Meniru Hidup Hemat dan Sederhana dari Fadli Zon
jalan dan pahlawan
Mengenang Pahlawan dengan Nama Jalan
Jangan Bersedih
Jangan Bersedih, Ketawain Aja Keleus !
Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Yang Menyebalkan di Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Larangan Bersedih Bagi Jomblo di Republik Ngapak
Doa Pilihan untuk Jomblo
Lima Do’a Pilihan untuk Jomblo di Malam Takbiran
4 Gaya dalam Mencintai
4 gaya dalam mencintai yang Dilakukan Orang Modern ini
Lambang_PKI
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Kesadaran magis
Dari Paradigma Reformasi ke Transformasi: Peta Kesadaran Freire
Renungan Calon Sarjana
Dari Bung Kris, untuk Calon Sarjana
sufi dan surga
Pesan dari Para Sufi tentang Amal Ibadah dan Surga
Malam Jum'at Sunnah Rasul
Malam Jum’at dan Sunnah Rasul bagi Jomblo
hijrah
Spirit Hijrah yang (bisa) Salah Arah
wanita zaman jahiliyah
Fakta Lain Seputar Derajat Wanita pada Zaman Jahiliyah dan Adab pada Keluarga Rasulallah
kegiatan temu pendidik
Inspirasi itu Mengalir dari Wadas Kelir
guru merdeka belajar
“ Mudik”, Merangkai Niat Baik dengan Semangat Kolaboratif
Pustaka Warga
Komunitas Literasi, Minat Baca, dan Kenapa Pustaka Warga