Tips Belajar Efektif Kekinian

Kuliah Terus Kapan Belajarnya

Kuliah Terus Kapan Belajarnya

Belajarlah sampai engkau walaupun harus ke negeri China, kurang lebih begitu tokoh bijak berkata. Lho, kenapa harus China? Wes gak usah dibahas. Yang jelas, pesan yang disampaikan memiliki arti bahwa tidak ada alasan untuk belajar dalam hal apa saja, diserap inti sarinya, lalu dipraktikan. Kali ini, esensiana mencoba memberikan beberapa tips buat kamu yang punya problem soal cara belajar. Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penyerapan materi pembelajaran di kelas. Nah, berikut beberapa tips dan trik dari esensiana yang paling juoss tentang Tips Belajar yang Efektif, semoga membantu!

  • Kepo itu perlu!

Kepo nggak harus rajin stalking medsos mantan atau gebetan, move on dong. Padahal, KEPO adalah akronim dari Knowing Every Particular Objects, artinya apa-apa di dunia ini kepengin dicari tahu. Tapi mbok ndak usah nggragas, prioritasin dulu aja yang mau dipelajari.

  • Menumbuhkan minat baca

Kata pepatah ‘buku adalah jendela  dunia’. Dengan membaca buku yang relevan dengan apa yang sedang kamu pelajari bakalan ngasih suplemen tambahan buat alam bawah sadar. Kemauan paling mendasar untuk belajar, ya tumbuhkan dulu hasrat keinginan membaca. Ini yang paling susah biasanya sih, sebelas duabelas sama kasus Wassap gebetan yang notif readnya diilangin.

  • Memilih Referensi

Ada begitu banyak definisi dan kalimat yang serupa tapi berbeda, tinggal dipilih mana yang cocok dan pas menurut kamu untuk dipakai. Soalnya, pemikiran tiap orang beda-beda. Intinya, semakin banyak referensi semakin mempermudah fokus mana yang hendak kamu cari. Tentunya cari referensi yang sesuai kaidah keilmuan ya, jangan asal copas seenak jidat nyebarin kabar hoax di wassap!

  • Tandai (marking)

Menandai (marking) bisa kamu lakukan buat mengingat point-point penting mana yang bisa dijadikan rujukan. Fungsi marking  ini mempermudah pencarian, dan melancarkan daya ingat. Baguslagi jika pakai stabilo atau pensil warna, mata akan lebih peka menyerap sortiran kata yang telah diwarnai, sekaligus mengaktifkan pemahaman ke dalam alam bawah sadar.

  • Buat kerangka pikir

Kerangka pikir ini adalah nyawa dari apa yang hendak kamu pelajari. Biasanya tema bahasan ada runtutan mulai dari judul, tema, sub tema sampai penjelasan komplitnya. Nah, kalau marking udah kamu lakuin, tinggal bikin deh pemetaan konsep secara garis umumnya. Ini ngebantu banget kalo semisal kamu lagi nyiapin bahan presentasi pake power point. Kan ga lucu kalau copas ala-kadar dari Ms.Word ke PPT.

  • Tulis kembali (re-writting)

Metode ini agak jadul sebenarnya, tapi dengan melakukan point ini secara tidak langsung kamu sedang menyisipkan ingatan-ingatan, memahami secara perlahan dan mencerna setiap kalimat yang dibaca. Biar bisa ngimprove, cobalah tulis kembali bahasan yang kamu pelajari menggunakan gaya bahasamu sendiri. Nulisnya bebas, mau pakai komputer atau tulis tangan, gak apa. Asalkan jangan salah nulis nama pasangan di kartu undangan nikahan aja sih.

  • Ajak teman ngobrol

Udah gak jaman kali ah, nongki cuman ngeghibahin orang. Perlu juga loh, apa yang kamu ketahui dan dipelajari diobrolin sama temen. Barangkali ada pandangan yang beda, kan bisa saling melengkapi. Tapi gosah berantem gegara beda pemikiran ya, jaga kebhinekaan berawal dari penyikapan beda pemikiran. Gosah maksa.

  • Share di medsos

Baiklah, mungkin karena ini banyak yang bilang jamannya pencitraan, kamu bisa gunain medsos buat sharing sama warganet. Alhasil, akan semakin banyak tanggapan random tentang apa yang kamu tulis tuh. Cuman siapin mental aja sih, sekarang banyak orang ngetroll atau cuman pengin ngetes sejauh mana pemahaman kamu, jangan ditanggapin pake emosi. Cukup senyumin aja en jawab aja “karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan” ~

Genaplah beberapa tips dan trik cara belajar efektif versi esensiana kali ini, semoga kita selalu terhindar dari ke-jumudan berfikir. Aamiin. Selamat menjalankan ibadah puasa!

One Response

  1. 02/06/2017

Leave a Comment

Datasiana Reportasiana Swarasiana Translasiana
Permasalahan Pangan Indonesia
Yang Perlu Dicatat Setelah Hari Pangan Berlalu dengan Kesunyian
Albert Camus
Pidato Kebudayaan Nobel Sastra Albert Camus
CPNS
Yang Tidak Bisa Diremehkan dari CPNS
Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Yang Menyebalkan di Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Larangan Bersedih Bagi Jomblo di Republik Ngapak
Doa Pilihan untuk Jomblo
Lima Do’a Pilihan untuk Jomblo di Malam Takbiran
4 Gaya dalam Mencintai
4 gaya dalam mencintai yang Dilakukan Orang Modern ini
Lambang_PKI
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Kesadaran magis
Dari Paradigma Reformasi ke Transformasi: Peta Kesadaran Freire
Renungan Calon Sarjana
Dari Bung Kris, untuk Calon Sarjana
Malam Jum'at Sunnah Rasul
Malam Jum’at dan Sunnah Rasul bagi Jomblo
hijrah
Spirit Hijrah yang (bisa) Salah Arah
wanita zaman jahiliyah
Fakta Lain Seputar Derajat Wanita pada Zaman Jahiliyah dan Adab pada Keluarga Rasulallah
Terkuaknya Saracen
Terkuaknya Saracen dan Perintah Islam dalam Berhati-hati Menyikapi Berita