Lima Do’a Pilihan untuk Jomblo di Malam Takbiran

Lima Doa Pilihan untuk Jomblo. Bedug mulai ditabuh berdentam-dentam. Pekik takbir dilantunkan bersautan. Sementara langit yang tadinya kemerah-merahan mulai menghitam mengantar puluhan anak kecil berlarian dengan kembang api di genggaman. Malam takbiran tiba.

Malam takbiran, malam dimana suara takbir terdengar di sepanjang malam dalam menyambut baperanlebaran adalah malam yang agung. Namun malam itu pula adalah malam yang mengecilkan hati seorang mustadh’afin asmara.

Lapiye pada malam takbiran ketika yang lain nggeber-nggeber motor dengan pasangannya, atau paling tidak, berjalan beriringan di mana bibir lebih sering mengucap gombal ketimbang takbir. Sementara yang mustadh’afin, yang jomblo, cumak bisa ndomblong memegangi obor.

Doa Pilihan untuk Jomblo

Doa Pilihan untuk Jomblo

Apalagi nanti, bila jadi, malam takbiran bertepatan dengan malam minggu. itu double strike mbloo.

Lupakan dulu kunci jawaban pertanyaan kapan kawin yang akan diujikan saat lebaran nanti. Kita rapatkan barisan untuk menghadapi tantangan terdekat. Biar bagaimanapun malam takbiran selalu datang duluan ketimbang lebaran.

Dan sebagai upaya melawan mereka-mereka yang pamer kemesraan pada malam takbiran saya sarankan untuk merapal do’a-do’a ini. Lohh kenapa do’a? ya tentu karena ini masih dalam suasana Ramadan. lagi islami-islaminya.

Lagian jangan meremehkan kekuatan do’a. Karena justru do’alah yang menjadi kekuatan umat muslim. Do’a adalah senjata. Maka inilah daftar senjata tersebut:

Do’a sapu jagad
Dari namanya kita sudah bisa bayangkan betapa dahsyatnya do’a ini. Dan yang lebih hebat lagi, do’a dahsyat ini cukup pendek untuk dihafal. Cukup melafal: Rabbanaa aatinaa fiddun yaa khasanah wa fil aakhirati khasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar dengan ikhlas tentunya, maka kamu akan dapat segepok manfaat. Dibahagiakan di dunia dan akhirat serta dijauhkan dari azab neraka.

Selain itu menurut keterangan hadist dari Ibnu Abbas RA, mengatakan bahwa makna khasanah juga berarti meminta jodoh yang baik. Sebab itu adalah sumber kabaikan ala dunia juga.

Oh soal pilihan dilematis: baik tapi tidak cantik apa cantik tapi tidak baik, kamu tak perlu risaukan. Kamu cukup tambahkan spesifikasi dibalik kata khasanah. Misal, khasanah akhlaknya, khasanah wajahnya, khasanah hartanya dan macam-macam lainnya.

Membaca La haula wa La quwwata illa billah.
Meskipun pendek kalimat tersebut amatlah powerfull. Suatu ketika Nabi pernah bersabda “Maukah kamu aku tunjukkan sebuah kalimat dari bawah arsy yang merupakan harta simpanan surga? hendaklah kamu mengucapkan La haula wa La quwwata illa billah“.

Lakan bisa kamu simpulkan sendiri mbloo, gimana rasanya punya harta simpanan surga. Kamu bisa lafalkan kalimat tersebut hingga fajar menjemput. Sa yakin kamu akan diberi kekuatan menghadapi kenyataan. amiin.

Doa mohon tolak bala
Segera saja, sesaat setelah kamu melihat orang yang pandai betul memperagakan pepatah sambil menyelam minum air, sambil takbiran juga pacaran, maka lafalkanlah doa ini:
“Bismillaahilladzii laa yudhuruu ma’asmihii syaii’unn fil ardhi walaa fis samaaa’i wahuwas samii’ul alim.

Lalu atas izin Allah semoga kamu dijauhkan dari orang-orang oportunis tersebut. Wong pacaran kok ga liat liat situasi. Hambok malam minggu ini libur dulu.

Do’a meminta hujan
Ini klise, sudah biasa. Tapi masih ampuh. Semua rencana yang sudah disusun mereka yang pacaran, mulai dari rute takbiran, tempat transit, hingga baju apa yang akan dikenakan akan sia-sia tatkala hujan turun dengan lebatnya. Rencana yang indah-indah dari mereka tak berdaya di depan hujan. Dan tepat di saat itulah arti kemenangan sesungguhnya direngkuh para jomblo.

Jangan tanggung-tanggung. Mintalah disertai angin yang rada kencang. Melihat mereka melafalkan takbir di bawah lindungan payung dengan back sound berupa gemricik hujan dan bermandikan cahaya obor itu lebih mengenaskan. Sakit.

Doa meminta jodoh
Doa ini mungkin tidak bekerja seketika. Tapi tentu bagi jomblo-jomblo visioner, yang punya penglihatan hingga satu tahun ke depan, doa ini menjadi amat penting. Lafalkan pelan-pelan dan penuh penghayatan: Rabbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhubuha wa atzawwaj biha watakuna whooibatan lii fiddiini waddunya wal akhiroh.

Dan dengan semangat solidaritas saya doakan semoga malam takbiranmu benar-benar penuh kemenangan ya. Bukan malah menang melawan puasa, cumak menang melawan bayangan. Bayangannya yang tak kunjung jadi kenyataan. Amiin.

Ohya selamat berlebaran, tanpa atau dengan pasangan!

Leave a Comment

Datasiana Reportasiana Swarasiana Translasiana
Lambang_PKI
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Perbedaan Islam
Islam Nabi, Islamku, Islammu, dan Islam Kita
Pustaka Warga
Komunitas Literasi, Minat Baca, dan Kenapa Pustaka Warga
Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Yang Menyebalkan di Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Larangan Bersedih Bagi Jomblo di Republik Ngapak
Doa Pilihan untuk Jomblo
Lima Do’a Pilihan untuk Jomblo di Malam Takbiran
4 Gaya dalam Mencintai
4 gaya dalam mencintai yang Dilakukan Orang Modern ini
Lambang_PKI
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Kesadaran magis
Dari Paradigma Reformasi ke Transformasi: Peta Kesadaran Freire
Renungan Calon Sarjana
Dari Bung Kris, untuk Calon Sarjana
wanita zaman jahiliyah
Fakta Lain Seputar Derajat Wanita pada Zaman Jahiliyah dan Adab pada Keluarga Rasulallah
Terkuaknya Saracen
Terkuaknya Saracen dan Perintah Islam dalam Berhati-hati Menyikapi Berita
Kisah Rumi
Pelajaran dari Guru Jalaluddin Rumi: Membeli Ciu dan Ajaran Tauhid
Hadratusyeikh
Hadratusyeikh Bukan Gelar Pesanan