Skripsi dan Jalan Tauhid H.R. Alviansah

Skripsi dan Jalan Tauhid H.R. Alviansah

Semua orang punya jalannya masing-masing untuk mengenal Tuhan. Ibrahim AS musti menyangka patung, bulan, hingga matahari sebagai  “Tuhan” sebelum ia menemukan Tuhan yang sesungguhnya. Muhammad SAW harus menembus langit yang tujuh untuk bertemu Tuhan. Sementara manusia lain punya jalan yang tentu berbeda untuk mengalami peristiwa trensendens tersebut. Tak terkecuali Hanifa Restu Alviansah.

Ia adalah pemuda sederhana yang dibesarkan di tengah keluarga yang sederhana pula. Sebagaimana pemuda pada umumnya, kehidupan spiritual Kunang, begitu ia karib dipanggil, kerap mengalami pasang surut. Sesekali ia terperosok pada lembah hitam tebak plat nomer; semacam judi menebak ganjil-genapnya angka belakang plat nomer pada kendaraan yang lewat. Juga pernah kesulitan lepas dari candu winning eleven yang legendaris itu.

Kunang kecil, adalah juga anak yang lincah. Ia dibesarkan di tengah lingkungan transmigran yang keras. Keluar masuk hutan menerobos pekatnya belukar di areal lahan sawit adalah hal yang kerap dilakoninya. Jiwa urakannya semakin terasah manakala ia berkumpul dengan kawan-kawan sebayanya.

****

Kini ia tengah menyelesaikan penyusunan skripsi di sebuah perguruan tinggi non subsidi pemerintah. Sejak beberapa tahun lalu Kunang pergi menuntut ilmu meninggalkan kedua orang tuanya di pulau dimana Jong Andalas bernaung, Sumatra. Sejak disibukkan dengan kerja-kerja revisi, pelan-pelan ia mulai meninggalkan laku lalimnya. Ia telah  menanggalkan kegiatan profan lagi tak bermanfaat seperti nonton bareng FTV, bermain Dota, hingga mencampakkan motor tua yang sudah lama menjadi hobinya.

Hari-harinya kini dipenuhi dengan berbagai agenda formal, seperti menemui pustakawan untuk sekedar mengurus kartu bebas perpus, nggoogling jurnal internasional untuk memenuhi syarat skripsi berdasar SK Rektor terbaru, maupun menemui dosen untuk berburu revisi dan tanda tangannya.

Tetapi yang paling mencolok adalah metamorfosanya dalam dunia spiritual. Kunang menjadi lebih rajin mengambil air wudhu ketimbang biasanya. Kunang pula menjadi lebih sedikit berkata-kata, itupun dilakukan untuk menasehati kawan kawanya. Singkatnya, ia berubah menjadi lebih alim.

Semenjak mengambil judul skripsi, Kunang tampak lebih dekat dengan Tuhannya. Frekuensi sholatnya yang dulu tak lebih baik dari jadwal debt colector, kini pelan pelan diperbaiki. Tutur katanya pun demikian. Kunang lebih sering mengucap kalimah-kalimah toyyib semisal masyaallah, subhanallah, dan alhmadulillah untuk mengekspresikan perasaanya atas kehidupan sehari-hari.

Meski memang tak semua hal bisa ia perbaiki. Misalnya saja indeks prestasi komulatifnya yang masih stag di angka tiga koma dua sekian. Tak begitu jelek memang, tapi jak juga cukup baik untuk ukuran perguruan tinggi luar negeri [baca: bukan negeri].

Kunang adalah contoh kecil dari sekian banyak mahasiswa yang memperoleh hidayah saat menjalani masa-masa sulit skripsi. Terforsir dalam penyusunan skripsi memang kerap membuat anak manusia mencari sumber kekuatan lain. Dan tidak ada tempat yang layak kecuali Tuhan. Maka postulat HR Avian, begitu ia kerap memperkenalkan diri, yang berbunyi “Skripsianlah maka engkau akan menemukan Tuhan” menemukan kebenarannya.

Leave a Comment

Datasiana Reportasiana Swarasiana Translasiana
karangan bunga fadli zon
Meniru Hidup Hemat dan Sederhana dari Fadli Zon
jalan dan pahlawan
Mengenang Pahlawan dengan Nama Jalan
Jangan Bersedih
Jangan Bersedih, Ketawain Aja Keleus !
Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Yang Menyebalkan di Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Larangan Bersedih Bagi Jomblo di Republik Ngapak
Doa Pilihan untuk Jomblo
Lima Do’a Pilihan untuk Jomblo di Malam Takbiran
4 Gaya dalam Mencintai
4 gaya dalam mencintai yang Dilakukan Orang Modern ini
Lambang_PKI
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Kesadaran magis
Dari Paradigma Reformasi ke Transformasi: Peta Kesadaran Freire
Renungan Calon Sarjana
Dari Bung Kris, untuk Calon Sarjana
sufi dan surga
Pesan dari Para Sufi tentang Amal Ibadah dan Surga
Malam Jum'at Sunnah Rasul
Malam Jum’at dan Sunnah Rasul bagi Jomblo
hijrah
Spirit Hijrah yang (bisa) Salah Arah
wanita zaman jahiliyah
Fakta Lain Seputar Derajat Wanita pada Zaman Jahiliyah dan Adab pada Keluarga Rasulallah
kegiatan temu pendidik
Inspirasi itu Mengalir dari Wadas Kelir
guru merdeka belajar
“ Mudik”, Merangkai Niat Baik dengan Semangat Kolaboratif
Pustaka Warga
Komunitas Literasi, Minat Baca, dan Kenapa Pustaka Warga