Tentang DOTA 2 dan Nasib Kita

Dota 2, yahh.. di era sekarang, siapa yang tak mengenal salah satu game bergenre strategy yang satu ini? Hampir seluruh warnet di Indonesia pasti menyediakan dota 2. Peminatnya tak berbatas usia maupun gender. Seperti kebanyakan permainan legendaris, game dengan basic team 5 vs 5 ini diminati dari berbagai kalangan mulai dari kanak-kanak, pemuda, hingga yang tergolong senior senang memainkan game fenomenal ini. Tak jarang pula wanita di era sekarang juga ikut-ikutan kepincut dota 2.

Jika dilihat sekilas dari segi permainannya,  game ini sebenarnya hanyalah game monoton yang dimainkan secara berulang-ulang, yah sama seperti halnya permainan sepak bola yang kita mainkan di playstation guys. Tetapi, apa hanya sebatas itu? Jika kita telisik lebih dalam game yang rilis sejak 2013 lalu ini menjadi menarik karena terdapat sangat banyak hero / karakter. Tepatnya ada 111 dari 112 hero (yang  1 belum dirilis, mari kita tunggu updatenya :v) di dalam game yang dapat kita mainkan. Setiap hero dalam dota 2 memiliki skill dan fungsinya masing-masing.

Di dalam permainan pun terdapat berbagai item yang terdiri dari basic item dan upgrade item yang dapat kita padukan dengan hero yang kita pakai untuk mengubah jalanya alur permainan. Jadi, bisa kita bayangkan jika skill dari ratusan hero dikombinasikan dengan ratusan item yang ada. Tentunya menjadi banyak sekali kemungkinan yang terjadi di dalam alur permainannya. Karena kombinasinya maka kemudian muncul hukum permainan dota yang menyatakan bahwa dota itu bundar. Seperti Portugal, dalam Euro, yang tiba-tiba menjadi juara, dalam dota tak ada yang pasti kalah maupun pasti menang. Yang terlihat hampir kalah dalam permainan sekalipun dapat mengubah alur permainan dengan sangat drastis, hal itu sering dijuluki para player dota 2 dengan sebutan “comeback is real”. Terdengar dramatis bukan?

Dilihat dari sisi penggemarnya, Dota bukanlah game kelas ngehek. Pemainya kini, tak kalah dengan pengikut partai Perindo. tercatat di bulan lalu saja, tepatnya Juni 2016 sudah 13.025.887 akun baru yang mendaftar di steam untuk bermain dota 2 dari berbagai penjuru dunia. Entah itu player baru maupun player lama yang membuat akun baru, tetap saja angka tersebut merupakan angka yang luar biasa banyaknya untuk sebuah game. Belum lagi tercatat lebih dari 700 ribu player yang online/bermain dota 2 setiap harinya. Fantastis, kata itulah yang menurut saya paling tepat untuk mewakili game yang dapat dimainkan di aplikasi steam ini.

Belum cukup sampai disitu jika kita membahas game yang satu ini. Di dota 2 menyelenggarakan tournament yang dapat diikuti team- team terkuat dari seluruh dunia yang telah terseleksi dari kualifikasi yang ketat. Tournament tersebut biasa disebut dengan TI (Tournament International). Yang tak kalah fenomenal dari angka player online yang ada di dota 2 adalah prize pool yang diberikan dari pihak penyelenggara TI.

Dari tahun ke tahun hadiah yang diberikan selalu saja bertambah. Dimulai dari pertama diselenggarakannya TI dota 2 pada tahun 2011, valve selaku developer game tersebut memberikan prize pool sebesar  1.000.000 USD. Terus bertambah hingga sekarang di tahun 2016, total prize pool yang diberikan mencapai lebih dari 18.000.000 USD. Jika dirupiahkan dengan kurs di saat sekarang sekitar +- Rp. 13.000,00, total hadiah akan mencapai angka lebih dari Rp. 235.926.000.000,00. (dih, ini game apaan si bisa sampai segitunya wkwk).

Pihak developer game pastinya juga tak ingin rugi dengan memberikan uang sebanyak itu.  Jika kita bertanya darimana penyelenggara TI mendapatkan uang sebanyak itu untuk hadiah? Jawabanya adalah dari penjualan battle pass yang dijual di steam app. Battle pass merupakan sebuah item pada dota 2 yang memberikan sejumlah keuntungan bagi pembelinya. Battle pass juga memiliki exp dan level seperti halnya player dan dijual berdasarkan levelnya, level yang ditawarkan adalah lvl 1 dan lvl 50.

Fitur dari battle pass yang dijual adalah banyak hadiah di setiap levelnya dimulai dari set/pakaian yang dikenakan hero kesayangan kita, perubahan efek pada map permainan, perubahan efek pada item, dan juga terdapat lucky change yang yang menyediakan hadiah-hadiah menarik (tentunya jika kita beruntung) karena lucky change berbentuk seperti roullete di casino guys. Harga dari battle pass lvl 1 adalah Rp. 134.999,00 dan untuk lvl 50 adalah Rp. 346.999,00. Jika dilihat dari jumlah prize pool yang ada di atas, tentunya dapat kita simpulkan amat banyak player dota 2 yang membeli battle pass tersebut. Sungguh trik marketing yang sangat luar biasa guys. Tentunya itu tidak serta merta hanya karena trik marketing, tetapi juga dikarenakan kepopuleran game yang sangat luar biasa pemintanya di seluruh penjuru dunia ini.

Bagi para player dota 2, game yang satu ini sudah menjadi seakan candu seperti halnya rokok dan miras. Banyak sekali penggila game dota 2 lupa waktu dalam bermain sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya sebagai salah satu player pernah mendapati seorang pemuda yang bermain dota 2 yang membeli biling di warnet dan bermain 48jam (udah gila keknya tuh orang :v ). Memang mengasyikan bermain game ini, akan tetapi kita juga harus ingat bahwa kehidupan kita bukan hanya melulu di game. Kita memiliki kehidupan nyata dan memiliki kewajiban-kewajiban yang harus kita penuhi di kehidupan nyata kita masing-masing. Game hanyalah suatu hiburan yang bersifat menghibur. Kita bisa memainkannya di waktu luang untuk menghilangkan rasa penat setelah kegiatan-kegiatan primer kita tanpa harus mengesampingkan hal-hal yang lebih penting di kehidupan nyata. Dan ingat, jangan lupa bahagia guys!!!!

Ohya ngomong-ngomong Dek, kapan kita battle?

 

Leave a Comment

Datasiana Reportasiana Swarasiana Translasiana
Choirul Huda
Mati Bahagia a la Choirul Huda
Pribumi Indonesia
Kenapa Kanda Anies Dilarang Menggunakan Kata Pribumi?
Permasalahan Pangan Indonesia
Yang Perlu Dicatat Setelah Hari Pangan Berlalu dengan Kesunyian
Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Yang Menyebalkan di Usia 24 Bagi Seorang Perempuan
Larangan Bersedih Bagi Jomblo di Republik Ngapak
Doa Pilihan untuk Jomblo
Lima Do’a Pilihan untuk Jomblo di Malam Takbiran
4 Gaya dalam Mencintai
4 gaya dalam mencintai yang Dilakukan Orang Modern ini
Lambang_PKI
Kebangkitan PKI, Diskusi, dan Musuh-musuh Imajiner Kita
Kesadaran magis
Dari Paradigma Reformasi ke Transformasi: Peta Kesadaran Freire
Renungan Calon Sarjana
Dari Bung Kris, untuk Calon Sarjana
sufi dan surga
Pesan dari Para Sufi tentang Amal Ibadah dan Surga
Malam Jum'at Sunnah Rasul
Malam Jum’at dan Sunnah Rasul bagi Jomblo
hijrah
Spirit Hijrah yang (bisa) Salah Arah
wanita zaman jahiliyah
Fakta Lain Seputar Derajat Wanita pada Zaman Jahiliyah dan Adab pada Keluarga Rasulallah