Pemuda Desa Galang Dana Bantu Korban Bencana

pemuda yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid Desa Klirong (IRMAS) Gerakan Pemuda Ansor Desa Klirong(GP Ansor) dan Komunitas Desa Melek Informasi Teknologi Desa Klirong (DeMIT Klirong) bergerak mengadakan galang dana untuk korban banjir dan tanah longsor di beberapa titik di wilayah Kebumen. 

Hujan Lebat Sebabkan Banjir dan Tanah Bergerak

Hujan yang mengguyur Jawa bagian tengah pada Selasa, (27/10), mengakibatkan hampir seluruh Desa dan Kelurahan Kabupaten Kebumen terkena dampaknya yakni dari banjir hingga tanah longsor. berdasarkan ulasan dari Marufin Sudibyo dan data PUSDALOPS BPBD Kebumen, hujan lebat – sangat lebat mengguyur pada rentang waktu jam 00:00 – 04:00 WIB dengan intensitas mencapai ~80 mm di beberapa titik. Sebagai akibatnya titik-titik yang hari sebelumnya sudah terkena banjir dan sempat surut pun kembali tergenang. Tak hanya itu, beberapa kawasan seperti daerah Kretek dan Grenggeng Karanganyar mengalami pergerakan tanah, terpaksa sejumlah warga yang terdampak direlokasi.

Pemuda Bergerak Galang Donasi

Mengetahui peristiwa tersebut, beberapa elemen pemuda yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid Desa Klirong (IRMAS) Gerakan Pemuda Ansor Desa Klirong(GP Ansor) dan Komunitas Desa Melek Informasi Teknologi Desa Klirong (DeMIT Klirong) bergerak mengadakan galang dana untuk korban banjir dan tanah longsor di beberapa titik di wilayah Kebumen.

Dalam kurun waktu kurang dari 2 Minggu, berhasil mengumpulkan sembako dan uang tunai untuk disalurkan ke tempat pengungsian melalui Dinsos Kebumen. Sebelumnya, para pemuda membentuk posko di Perpusdes Ngudi Ngilmu Desa Klirong.

Inisiator #BantuKebumen ini diprakarsai oleh Firki Najmudin yang juga sebagai Ketua GP ANSOR NU Ranting Desa Klirong sekaligus anggota aktif di Komunitas DemIT dan Ikatan Remaja Masjid. Ia menyampaikan terimakasih atas partisipasi seluruh warga dan masyarakat Desa yang mendonasikan bantuan berupa sembako maupun secara tunai.

Donasi Diserahkan Ke Dinsos Kebumen

Bantuan tersebut telah diserahkan melalui Dinsos Kebumen pada Jum’at, (06/10). Kedatangan tim Baksos diterima oleh Bapak Miftahul Munir, Petugas Tagana. “Terimakasih atas donasi yang diberikan, semoga menjadi manfaat untuk masyarakat Kebumen”, kata Munir.

“Gerakan pemuda ini dapat dijadikan contoh untuk membuka kepedulian terhadap sesama, dan bisa dijadikan trend yang bagus, semakin semangat membangun bersama”, tambah Munir.

Kepala Desa Klirong, Slamet menuturkan salut dan mengapresiasi gerakan pemuda serta kepedulian Masyarakat untuk membantu sesama. “Kami mengucapkan terimakasih kepada pemuda dan masyarakat yang telah bergerak membangun donasi untuk membantu saudara kita yang terdampak banjir dan tanah longsor di Kebumen. Semoga dapat membangun semangat kepedulian kita terhadap sesama manusia”, ungkap Slamet.

Berikut rincian hasil donasi #BantuKebumen yang telah diserahkan:

  1. Minyak kayu putih 30 ml ( 20 buah)
  2. Susu kental manis kaleng ( 20 buah)
  3. Teh celup ( 20 buah)
  4. Pasta gigi ( 12 buah)
  5. Masker Kain ( 25 buah)
  6. Susu kental manis sachet ( 5 rt)
  7. Detergen 290 gr ( 5 bungkus)
  8. Detergen 50 gr ( 5 rt)
  9. Sampoo sachet ( 6 rt)
  10. Sabun Colek ( 5 buah)
  11. Sabun mandi batang ( 3 buah)
  12. Gula pasir 20 kg
  13. Minyak goreng gelas ( 10 buah)
  14. Roti marrie ( 10 buah)
  15. Beras
  16. Mie instan ( 18 karton)
  17. Wafer Nabati ( 40 buah)
  18. Uang tunai Rp 2.150.000
  19. Minyak 1L (20 btl)

sumur

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.