Serba-serbi Planet Venus, Si Planet Kembaran Bumi

venus dan kecantikan
venus dan kecantikan
Merah merona, seperti raisa

Aztec, Maya, dan Yunani kuno menyepakati secara De Jure bahwa Dewi Cinta dipentahbiskan kepada salah satu planet di galaksi bima sakti. Mungkin karena kemolekan planet ini, terutama pada atmosfir yang seolah menjadi gaun mewahnya. Perihal ini lantas diamini jika menilik dari falsafah jawa, ajining diri soko busono. Lantas, dalam literatur Yunani kuno, planet ini diberikan lambang perempuan yang menjadi simbol dari kecantikan, kesuburan, dan keindahan.

Kira – kira planet apakah itu?

Ialah planet venus, corak warnanya yang coklat keputihan membuat manusia kerap menafsirkannya sebagai benda langit yang memancarkan cahaya. Di Indonesia, Venus dijuluki sebagai Bintang Kejora. Padahal, benda urutan benda langit dari yang paling terang di Galaksi Bima Sakti adalah Matahari, Merkurius, Bulan, dan Venus.

Venus, sebagai media theological approach

Nabi Ibrahim As dan Muhammad SAW pernah berdakwah untuk para kaum sesat melalui media Planet Venus ini.  Bapak teologi seperti Ibrahim yang terkenal dengan keahliannya mem-brainstorming pernah mencari tahu keberadaan wujud Tuhan.

Awalnya, benda langit yang terang (dipersepsikan bintang pada waktu itu) dikira itu adalah Tuhan. Bintang di sini, ya si venus itu. Hal ini menjadi salah satu asbabunnuzul diturunkannya Qur’an Surat Al-An’Nam ayat 74-83. Dakwah Ibrahim As pada waktu itu ditunjukan kepada kaum Harran.

Dalam suatu riwayat mengatakan, pada era Rosululloh SAW, Klan Khuza’ah bagian dari kaum Quraisy menyembah benda langit yang terang. Lalu, Muhammad mengajak mereka untuk menyembah Tuhan yang satu.

Apa yang menyebabkan planet Venus memancarkan cahaya terang menyerupai bintang?

Penelitian tentang atmosfer Venus kali pertama dicanangkan oleh Mikhail Lomonosov pada tahun 1761. Venus memiliki tingkat albedo .7, yang berarti dari 100 persen besaran cahaya yang diterima, 70 persennya dipantulkan kembali ke ruang angkasa. Hal tersebut karena pada lapisan atmosfernya terdapat efek rumah kaca. Efek rumah kaca di planet ini akibat dari kandungan CO2 yang mencapai 96,5 % dan Nitrogen yang hanya 3,5%. Dengan komposisi gas tersebut, atmosfernya cenderung padat. Massa atmosfer venus ternyata juga 93% lebih besar daripada Bumi. Planet ini sering kali ‘caper’ diantara benda langit yang memancarkan cahaya, karena elongasi yang unik, Venus sering nyempil saat menjelang fajar dan senja.

Rupanya planet ini sering kali mampu ‘mengecoh’ peneliti tentang benda langit yang memancarkan cahaya. Bahkan presiden Amerika Serikat pada tahun 1969 pernah membuat laporan, terdapat benda terbang aneh (BETA) alias UFO (unidentified fyling object). Setelah dilakukan penelitian ulang, ternyata benda tersebut adalah Venus. Sebutan tersebut lantas menjadikan Venus sebagai benda terbang aneh yang alami.

Kenapa seringkali banyak orang menyebutnya sebagai ‘kembarannya bumi’?

Ahli nujum menobatkan Venus sebagai kembaran Bumi karena dilihat dari segi komposisi, ukuran, dan gravitasi. Sedikit perbedaan yang kentara; ternyata ‘bintang kejora’ ini tidak lagi memiliki satelit alami.

Mengapa predikat Planet paling Nyeleneh di Bima sakti jatuh kepada Venus?

Planet yang mengelilingi Matahari pada umumnya tidak searah dengan pergerakan jarum jam. Venus tidak. Ia memilih jalannya sendiri, memutari Matahari dengan searah jarum jam. Garis orbitnyapun hampir berbeda, umunya elips, Venus hampir melingkar sempurna.

trek lintasan planet

Venus berevolusi lebih cepat daripada rotasinya. Hal ini yang menyebabkan setahun di Venus lebih cepat daripada satu hari. Planet Venus hanya membutuhkan 224,7 hari untuk memutari Matahari, sedangkan lama rotasinya 243 hari bumi.

Menurut laporan astronom yang juga berdasarkan penjelajahan lewat wahana, di planet ini sering terjadi hujan. Akan tetapi berupa kandungan asam sulfat. Karena permukaan yang panas, mengakibatkan setiap hujan yang turun tidak pernah sampai hingga permukaan.

Hikmah apa yang dapat diambil ?

Ya tentu ga ada. Eh tapi kalo ada pembaca yang nemu, silahkan kasih tau saya. Sahabat esensiana bisa melakukannya dengan mengisi di kolom komentar.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.