Tiga Hal Yang Harus Disiapkan Jika Tidak Mudik Lebaran

Di Purwokerto, khususnya di wilayah kampus Unsoed, menjelang libur hari raya  seperti ini keramaian mendadak hilang. Mahasiswa, yang mayoritas perantau, angkat kaki. Pulang kampung untuk beberapa pekan. Tak hanya mahasiswa, burjo dan warung rames akan menutup pintu rapat-rapat.

Tapi tidak semua mahasiswa perantau bisa mudik, tak semuanya seberuntung itu. Sebagian dari mereka tetap bertahan dengan beragam alasan. Ada yang karena urusan akademik atau alasan biaya karena kampung halaman yang jauh. Karena  ongkos pulang ke Sulawesi, Maluku atau Papua misalnya,  bisa sama dengan uang semesteran.

Mereka yang tidak pulang, tidak bisa berkumpul bersama sanak dan keluarga. Juga tak bisa mencicipi opor atau gulai ayam. Selain itu, mencari tempat makan akan sulit karena hampir semua sumber penghidupan tidak buka. Burjo tutup, ramesan juga. Jadi, disaat kamu bahagia saat lebaran, di sisi lain ada yang melewatkan lebaran dengan nestapa. Oke, mungkin ini lebay, tapi begitulah.

Tahun lalu saya juga tidak mudik, berlebaran di Purwokerto. Dan lebaran kali ini, tampaknya akan saya ulangi lagi. Untuk kamu yang senasib dengan saya, jangan sedih. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar agar lebaran tetap bahagia meskipun gak bisa salim sama orang tua.

Nyetok Indomie

Ini adalah cara praktis untuk bertahan hidup di saat burjo dan ramesan tidak bisa di akses. Indomie akan bikin nafasmu sedikit lebih panjang, setidaknya hingga sepekan pasca lebaran. Sampai sumber-sumber penghidupan buka kembali.

Jangan lupa beli persediaan telur dan cabe rawit secukupnya. Ini semacam tambahan wajib yang akan bikin Indomie mu jadi lebih lezat. Oh ya, beli Indomie dengan beberapa rasa agar kamu tidak bosan. Ini penting karena kamu bisa terancam makan Indomie terus menurus selama beberapa pekan.

Meksipun, konon, mie Instan itu tidak baik untuk kesehatan tapi karena ini situsi darurat, saya pikir tidak masalah. Insyaallah itu tidak dosa, Tuhan memaklumi.

Install Mobile Legend (ML)

Cara paling gampang untuk menghabiskan waktu adalah dengan bermain game. Misalnya Pro Evolotion Soccer (PES). Namun PES tak asyik jika main sendirian. Maka yang paling cocok adalah adalah install Mobile Legend. Game online yang akan bikin kamu lupa drama lebaran bahkan juga dosa serta hutang.

Main ML di hari kemenangan siapa tau bikin kamu menangan terus. Suasana kompleks yang sunyi juga bisa bikin kamu fokus nge-push rank, tanpa ada yang ganggu.  Meskipun asyik main tapi jangan lupa makan Indomie rebus telur, bersama potongan cabe. Suatu perpaduan yang membuat gema takbir di mesjid terdengar samar-samar.

Jika kamu tekun, H +7 lebaran level kecakapan bermain ML mu sudah layak diadu antar fakultas.

Install Tiktok

Suasana kosan dan lingkungan yang sepi sangat cocok untuk bermain Tiktok. Kamu tidak perlu khawatir akan kepergok orang lain saat asyik me-lipsing  lagunya Siti Badriah. Atau kamu juga bisa nyanyi tetew sepuasnya tanpa khawatir digerudug orang sekompleks.

Tiktok juga cocok jadi aplikasi sekunder saat kamu lelah bermain Mobil Legend atau merebus Indomie. Setelah lelah bermain ML, akan sangat menyenangkan jika diisi dengan bernyanyi. Atau sembari menunggu Indomie matang, kamu juga bisa bermain titik dengan latar kompor yang menyala-nyala. Sungguh, Tiktok membuat lebaranmu tak sia-sia.

Jika kamu tekun bermain Tiktok dan meng-upload-nya ke media sosial, H + 7 lebaran kamu sudah  memiliki 1 album. Dan layak menyandang gelar sebagai ahlul Tiktok.

Selamat mencoba!

Comments

comments